11 Mahasiswa Advanced Pastry Class Diajarkan Cara Membuat Aneka Entremet dengan Desain Kekinian

UNTUK kali kesekian, 11 orang mahasiswa Advanced Pastry Class --D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry (Patisserie), kembali mendapatkan tambahan pengetahuan tentang teknik membuat aneka desain entremet dari chef Jeffry Leonardo, praktisi bisnis cake decoration, selama lima hari, mulai Senin (21/11/2016)-Jumat (25/11/2016), di Dapur Pastry 2 Kampus Akpar Majapahit.


 

 

 

11 mahasiswa Advanced Pastry Class itu adalah Dina Merlina Kristanti, Errina Tamara Dewi, Givari Madagaskar, Hariyanti Suwinto, Imanda Islamiah, Kania Ayu Khuzaimah, Lia Valentina, Nathalia Faustine Yulianto, Sanford Surya Jaya, Savina Hanie Budiharjo dan Sheiva Nursabrina.

 

 

Kehadiran dosen tamu chef Jeffry Leonardo di hadapan mahasiswa Advanced Pastry Class ini mengajarkan delapan resep cara membuat entremet (cake berlapis dengan dekorasi dan hiasan aneka topping yang mengkilap desain kekinian).

 

 

Di hadapan mahasiswa, chef Jeffry Leonardo mengungkapkan, secara umum cara membuat entremet dengan hiasan aneka topping cantik seperti ini yang sudah diajarkan dosen di kelas. Karena itu, kehadirannya di hadapan mahasiswa untuk berbagi ilmu sekaligus mengingatkan kembali bagaimana cara membuat entremet dengan dekorasi nan cantik desain kekinian, yang saat ini lagi trend di pasaran. 

 

 

”Dan diharapkan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran kali ini bisa memperoleh manfaat dan pengalaman baru yang barangkali belum diajarkan di kelas,” ujar chef Jeffry, sapaan akrabnya, kepada kru www.culinarynews.info di Dapur Pastry 2, Selasa (22/11/2016) siang.

Pada tatap muka hari pertama, Senin (21/11/2016), chef Jeffry Leonardo mengajarkan dua resep cara membuat Entremet Choco Apple Struddle dan Entremet Lemon Choco Cheese kepada mahasiswa Advanced Pastry Class di Dapur Pastry 2. Chef Jeffry juga membagikan fotokopi delapan resep teknik membuat entremet kepada mahasiswa.
 

11 mahasiswa tersebut dibagi dalam dua kelompok. Kelompok 1 terdiri lima orang mahasiswa membuat Entremet Choco Apple Struddle dan kelompok 2 beranggotakan enam orang mahasiswa. Mereka bahu membahu menyiapkan bahan-bahan untuk membuat Entremet Lemon Choco Cheese.

 Profil Entremet Choco Apple Struddle terdiri dari empat lapis (layers) ketika cake itu diiris secara tegak lurus. Lapisan terbawah berupa apple cream, lapisan berikutnya berupa spongelayer selanjutnya berisi apple straddle dan lapisan teratas berupa apple cream lagi dan topping-nya berupa chocolate mengkilap (glazing) dengan dihias aneka dekorasi cantik.
 

 

Pada pertemuan hari kedua, Selasa (22/11/2016), 11 orang mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan teknik membuat Entremet Raspberry Cake dan Entremet Cappucino Creamfill oleh chef Jeffry Leonardo.

 

Pada tatap muka hari ketiga, Rabu (23/11/2016), mahasiswa diajarkan oleh chef Jeffry cara membuat Entremet Blueberry Mascarpone Coconut Cream dan Entremet Chocolate Mango Cremeaux di Dapur Pastry 2 Lantai 2 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

  

Sedangkan pada pertemuan hari keempat, Kamis (24/11/2016), mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan cara membuat Entremet Coconut Mousse Banana Caramel dan Entremet Macha Chocolate Cheese Creamy oleh chef Jeffry Leonardo.

 Sementara itu pada tatap muka hari terakhir, Jumat (25/11/2016), 11 mahasiswa Advanced Pastry Class yang sudah dibagi dalam dua kelompok ditantang untuk membuat entremet hasil kreasi mereka sendiri dalam ujian praktik di Dapur Pastry 2. 
 

Dalam ujian praktik tersebut, mahasiswa Advanced Pastry Class kembali diberikan kebebasan memilih jenis entremet sesuai kreasinya masing-masing, namun tema yang diusung harus sesuai dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya, yakni membuat kreasi entremet cantik dengan desain kekinian.

 

"Prinsipnya, melalui ujian praktik ini, kami mengajak mahasiswa berkreasi membuat entremet dengan tampilan dan citarasa tinggi seperti yang telah kami ajarkan sebelumnya," terang chef Jeffry Leonardo,  pekan lalu.

  Dalam ujian tersebut, karya mahasiswa dinilai dari empat pendekatan yakni kreativitas, penampilan, citarasa dan kebersihan. Penilaian ini mengacu pada standard operation procedure (SOP) di industri perhotelan. Dosen penguji memberikan  waktu ujian praktik membuat entremet itu sekitar empat jam, mulai pukul 13.00-17.00.

Kategori: